Bila ditinjau dari sudut pemakai,
informasi akan sangat berguna sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Dalam
hal ini terdapat dua golongan utama para pemakai informasi akuntansi, yaitu
pihak ekstern perusahaan dan pihak intern perusahaan.
Manajemen sebagai pihak intern perusahaan lebih memusatkan perhatian pada relevansi informasi untuk pengendalian manajerial dan keputusan manajemen. Sedangkan pihak ekstern pada umumnya lebih menitik beratkan pada pengukuran pendapatan untuk suatu periode khusus baik bulanan maupun tahunan untuk membuat keputusan ekonomi terhadap perusahaan tersebut. Informasi tersebut dapat diperoleh dalam laporan keuangan yang menggambarkan kondisi perusahaan pada akhir periode.
Secara umum Horngen
dkk (1996 : 4 ) merumuskan pemakai dan manfaat informasi akuntansi dalam 3
kategori, yaitu :
- Manajer
internal, yang menggunakan informasi untuk
perencanaan jangka pendek dan pengendalian rutin operasi.
- Manajer
internal, yang menggunakan informasi untuk
membuat keputusan-keputusan non rutin (seperti investasi pada peralatan,
penetapan harga produk dan jasa) dan memformulasikan seluruh
kebijaksanaan/keseluruhan dan rencana-rencana jangka panjang.
- Pihak
luar, seperti investor dan pemerintah
yang berwenang yang menggunakan informasi untuk membuat keputusan tentang
perusahaan.
Sementara itu IAI (1994:3)
mengelompokkan pemakai dan manfaat informasi akuntansi kedalam beberapa
kelompok berikut :
Investor
Mereka membutuhkan informasi untuk membantu menentukan apakah membeli, manahan
atau menjual investasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi
yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar
dividen.
Karyawan
Karyawan memerlukan informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan
disamping kemampuan perusahaan untuk memberikan balas jasa, manfaat pensiun dan
kesempatan kerja.
Pemberi
pinjaman
Pemberi pinjaman tertarik dengan informasi keuangan untuk memutuskan apakah
pinjaman dan bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.
Pemasok
dan kreditor lainnya
Mereka tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.
Mereka tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.
Pelanggan
Para pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenasi kelangsungan hidup
perusahaan terutama bila terlibat dalam perjanjian dengan perusahaan.
Pemerintah
Mereka membutuhkan informasi untuk mengatur aktifitas perusahaan, menetapkan
kebijakan pajak dan sebagai dasar penyusunan statistik.
Masyarakat
Masyarakat dapat mengetahui kontribusi perusahaan dalam perekonomian nasional, trend dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktifitasnya.
Masyarakat dapat mengetahui kontribusi perusahaan dalam perekonomian nasional, trend dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktifitasnya.
No comments:
Post a Comment